SAMBUTAN PENULIS
Alhamdulillaah, segala puji bagi Alloh SWT. Senantiasa kita panjatkan atas
segala nikmat yang selalu diberikan kepada kita.
Sholawat dan salam tetaplah kepada manusia teladan terbaik (ya’ni) Muhammad
SAW yang telah membimbing manusia didunia dan akherat kelak.
Buku ”Panduan Ziarah Kubur” ini, meskipun risalah kecil dan sederhana,
besar harapan kami bisa bermanfaat bagi jamaah ziarah. Karena didalamnya
terdapat tata cara pelaksanaan ziarah, do’a naik kendaraan, Qosidah ziarah,
serta sedikit mengulas tata cara sholat dalam perjalanan.
Risalah ini sengaja kami kemas dalam bentuk ”buku saku” karena akan lebih
efektif dan efisien dibawa dalam perjalanan agar jamaah dapat melaksanakan
ziarah dengan mudah dan benar, sehingga mendapatkan keselamatan dan kesuksesan
yang menjadi hajat dan tujuan dibawah naungan Ridlo Alloh SWT.
Semoga ziarah yang kita lakukan dapat menjadi ”Tombo Ati” sehingga kita dapat menjalani hidup dan kehidupan ini
dengan jiwa yang optimis disertai keimanan dan ketaqwaan yang semakin mantap.
Amin.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan ini karena
itu saran dan kritik sangat kami harapkan untuk lebih menyempurnakan penulisan
ini.
Nglaban
Nganjuk, 5 Nopember 2009
H. Toha Maksum, S.Ag
PENYUSUN BUKU :
H. Toha Maksum, S.Ag
SETTING / LAYOUT :
NoerMedia / Teken kidul
DITERBITKAN :
Roudlotul Jannah Press
Do’a setelah duduk didalam kendaraan.
بِسْمِ اللهِ
مَجْرَى هَا وَمُرْ سَهَا اِنَّ رَبِّي لَغَفُوْرٌرَحِيْم
BIS MIL LAA HI
MAJ REE HA WA MUR SAA HAA IN NA LA GHO FUU RUR ROKHIIM
Do’a kendaraan mulai bergerak
بِسْمِ اللهِ الرَّحمْنَ
ِالرَّحِيمِ َاللهُ اَكْبَرُ اَللهًُ اََكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ سُبْحَا نَ اَّلذِي سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَا
كُنَا لَهُ مُقْرنين وَانا الى ربنا لمنقلبون
اللهم انا نسا لك في سفر نا هذا البر والتقو ى ومن العمل ما ترضى اللهم هون
علينا سفرنا هذا واطو عنا بعده اللهم انت
الصاحب فى السفر والخليفة فى الاهل اللهم
اني اعوذ بك من وعثا ء السفر وكابة المنظر وسوء المنقلب فى المال والاهل
|
BISMILLAAHIRROHMAANIRROKHIIM
ALLOOHU AKBAR 3X.
SUB KHAA NAL LA DZII SAKH KHORO LA NAA HAA DZAA WA MAA KUN NAA LA HUU MUQ
RI NIIN, WA IN NAA I-LAA ROB BINAA LA MUNG QOLIBUUN
ALLOOHUM MA IN NAA NAS A LUKA FII SAFARI NAA HAA DZAL BIR RO WAT TAQWA
WAMINAL AMALI MA TAR DOO.
ALLOOHUMMA HAW WIN ’A LAINA SAFARO NAA HAA DZAA WA ATWI ’AN NAA BU’DAH
ALLOOHUM MA ANTAS SOO KHIBU FIS SAFARI WAL KHO LII FATU FIL AHLI, ALLOOHUM
MA IN-NII A-’UU DZU BIKA MIN WA’ TSAA IS SAFARI WA KA-AA-BATIL MAN DHORI WA SUU
IL MUNG QOLABI FIL MAA LI WAL AHLI
SALAM KEPADA AHLI KUBUR
السَلاَمُ عَلَيْكُمْ يَا اَهْلَ الدِّ يَارِ مِنَ
الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَاِنَّا اِنْ شَاءَاللهُ بِكُمُ لاَحِقُونْ نَسْأَلُ للهَ لَنَا
وَلَكُمُ الْعَا فِيَةْ
AS SALAA MU ’ALAIKUM YAA AHLAD DIYAA RI MINAL MUKMINIINA WAL MUS LI MIIN WA
IN NAA IN SYAA ALLOOHU BIKUM LAA KHI QUUN
NAS ALULLOOHA LANA WA LAKUMUL ’AA FI YAH
Artinya;
Semoga
kesejahteraan senantiasa tetap bagi kalian wahai ahli kubur dari orang-orang
mukmin insya Alloh kami akan bertemu dengan kalian. Kami mohon keselamatan
kepada Alloh SWT untuk kami dan untuk kalian.
Dan Apabila yang diziarahi termasuk waliyulloh, salamnya
adalah:
َالسَّلاَ مُ
عَلَيْكَ يَا وَلِيَ اللهِ ...............
صَا حِبَ الْكَرَمَةِ جِئْنَاكَ زَائِرِيْنَ
وَعَلَى َمقَا مِكَ وَا قِفِيْنَ اَوْ َدَعْنَا عِنْدَ كَ شَهَا دَ ةَ اَنْ لاَ
اِلَهَ اِلاَّ اللهَ وَاَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْ لُ اللهِ
AS SALAA MU’ALAIKA YAA WALIYALLOOH........ SHO KHIBAL KAROMAH, JI’ NAA KA
ZAA IRIIN WA ’ALAA MA QOO MIKA WAA QI FIIN. AU DA’NA ’IN DAKA SYA HA DATA AL
LAA I LAA HA IL LALLOOH WA AN NA MUHAMMADAR ROSUU LULLOOH
Artinya:
Salam sejahtera
kepada engkau ya waliyalloh.... yang berkaromah, kami datang untuk berziarah
ditempat maqom ini, kami berdo’a untukmu bahwasannya tiada tuhan selain Alloh
dan Nabi Muhammad utusan Alloh.
SHALAT
Shalat adalah salah satu rukun Islam yang tidak dapat
ditinggalkan oleh setiap kaum muslim, walau dalam situasi bagaimanapun shalat
harus dikerjakan.
Kalau kita dalam keadaan sehat dan mukim (tidak dalam
perjalanan) maka shalat kita kerjakan dengan lengkap syarat dan rukunnya. Tapi
kalau kita dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan maka kita mendapatkan
keringanan dalam melaksanakan shalat.
Demikian juga halnya kalau kita mempunyai udzur misalnya
tidak dapat berdiri maka shalat boleh dilaksanakan dengan cara duduk, kalau
tidak dapat duduk dikerjakan dengan berbaring dengan menghadap kiblat, tetapi kalau
tidak mampu maka boleh berbaring dengan posisi bagaimanapun.
Demikianlah tuntunan agama kita tentang pentignya shalat
bagi kaum muslimin, karena dengan shalat yang benar kita akan terhindar dari
perbuatan yang keji dan terkutuk. Shalat merupakan tiang agama, barang siapa
mendirikan shalat berarti dia telah mendirikan agama dan barang siapa yang
meninggalkan shalat berarti dia telah merobohkan agama ( Al Hadist ).
Dalam buku kecil ini akan diterangkan tentang shalat
dalam perjalanan serta keringanan– keringanannya.
SHALAT JAMA’ DAN QOSHOR
I. PENGERTIAN
A.
Sholat Jama’ adalah : mengumpulkan dua sholat,
yaitu sholat dhuhur dengan ashar / sholat maghrib dengan isya’. Sholat jama’
ada 2 macam :
1. Jama’ Taqdim : Mengumpulkan dua sholat
dikerjakan di waktu sholat pertama. Misalnya mengumpulkan sholat dhuhur dengan
ashar dilaksanakan pada waktunya sholat dhuhur, atau mengumpulka sholat maghrib
dengan isya’ dilasnakan pada waktunya sholat maghrib.
2. Jama’ Ta’khir adalah : mengumpulkan dua sholat
dikerjakan di waktu sholat kedua. Misalnya mengumpulkan sholat dhuhur dengan
ashar dilaksanakan pada waktunya sholat ashar, atau mengumpulkan sholat maghrib
dengan isya’ dilaksanakan pada waktunya sholat isya’
B.
Sholat Qoshor adalah : meringkas sholat yang bilangannya empat (4) rokaat ( dhuhur,
ashar da isya’ )menjadi dua (2) rokaat.
C.
Sholat Jama’ Qoshor adalah: mengumpulkan dua sholat sekaligus meringkas jumlah rokaatnya yang
empat rokaat menjadi dua rokaat.
II. SYARAT – SYARAT
A. Syarat Jama’ Taqdim
1. Memulai dengan sholat yang pertama (dhuhur atau maghrib)
2. Niat jama’ pada waktu sholat pertama
3. Berturut- turut antara dua sholat tersebut
B. Syarat Jama’ Ta’khir
1. Niat menjama’ sholat pada waktu sholat pertama. Misalnya apabila akan
menjama’ sholat dhuhur dengan ashar dilaksanakan pada waktu sholat ashar, maka
pada waktu dhuhur wajib niat menjama’ sholat.
C. Syarat Qoshor
1. Perjalanannya bukan untuk tujuan maksiat
2. Jarak yang ditempuh 16 pos atau sekurang-kurangnya 2 marhalah ( ± 89 km)
3. Sholat yang akan dikerjakan adalah sholat yang 4 rokaat, dan sholat ada’
bukan qodlo’
4. Niat qoshor ketika takbirotul ihrom
5. Tidak ma’mum kepada orang muqim ( orang yang dirumah/ tidak bepergian )
III.NIAT SHOLAT JAMA’ QOSHOR
A. Sholat dhuhur dengan Ashar dengan
Jama’ taqdim Qoshor
1.
Niat Sholat Dhuhur
Niatnya: saya mendirikan sholat fardlu dzuhur dua rokaat
dijamak dengan Ashar, jamak taqdim qashar karena Allah ta’ala
اُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ مَجْمُوعًا مَعَ
الْعَصْرِ جَمْعَ تَقْدِيْمٍ قَصْرًا ِللهِ تَعَالىَ
USHOLLI FAR DHOD DZUHRI ROK ATAINI MAJ MUU’AN BIL AS RI
JAM’A TAQ DII MIN QOSH RON LIL LAA HI TA ’AALA.
2.
Niat Sholat Ashar
Niatnya: saya mendirikan sholat fardlu ashar dua rokaat
dijamak dengan dzuhur jamak taqdim qashor
karena Allah ta’ala
اُصَلِّي فَرْضَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ مَجْمُوعًا
مَعَ الظُّهْرِ جَمْعَ تَقْدِيْمٍ قَصْرًا
ِللهِ تَعَالىَ
USHOLLI FAR DHOL AS RI ROK ATAINI MAJ MUU’AN BID DZUHRI JAM’A TAQ DIIMIN
QOSH RON LIL LAA HI TA ’AALA.
B. Sholat Dhuhur dengan Ashar, dengan jama’ Ta’khir Qoshor
Ketika masuk waktu sholat dhuhur maka niat :
Saya niat menjamak sholat Dhuhur di waktu sholat Ashar dengan jamak takhir
karena Alloh
نَوَيْتُ جَمْعَ صَلاَةِ الظُّهْرِ فِى وَقْتِ صَلاَةِ
الْعَصْرِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ ِللهِ تَعَالىَ
NAWAITU JAM ‘A SHOLATIDH DHUHRI FI WAKTI SHOLATIL ‘ASRI JAM ‘A TAKHIIRIN
LILLAAHI TA ’AALA
1.
Niat Sholat Dhuhur
Niatnya: Saya mendirikan Sholat fardlu dzuhur 2 rokaat
dijama’ dengan Ashar jama’ ta’khir qoshor karena Alloh
اُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ مَجْمُوعًا
مَعَ الْعَصْرِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ قَصْرًا
ِللهِ تَعَالىَ
USHOLLI FAR DHOD DZUH RI ROK ATAINI MAJ MUU’AN BIL ASH RI JAM’A TA’ KHII
RIN QOSH RON LIL LAA HI TA ’AALA.
2.
Niat Sholat Ashar
Niatnya: Saya mendirikan sholat fardu Ashar 2 rokaat dijama’ dengan dzuhur jama’
ta’ khir qashar karena Alloh
اُصَلِّي فَرْضَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ مَجْمُوعًا
مَعَ الظُّهْرِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ قَصْرًا
ِللهِ تَعَالىَ
USHOLLI FAR DHOL AS RI ROK ATAINI MAJ MUU’AN BID DZUHRI JAM’A TA’ KHII RIN
QOSH RON LIL LAA HI TA ’AALA.
C. Sholat Maghrib & Isya’ dengan Jama’ Taqdim dan Qoshor
1.
Niat Sholat Maghrib
Niatnya: Saya mendirikan sholat maghrib 3 rokaat dijama’
dengan Isya’ jamak taqdim karena Alloh ta’aala
اُصَلِّي فَرْضَ المَْـََغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ
مَجْمُوعًا مَعَ الْعِشَاءِ جَمْعَ تَقْدِيْمٍ ِللهِ تَعَالىَ
U SHOL LII FARDOL MAGH RIBI TSA LAA TSA ROKA AATIM MAJ MUU AN BIL ISYAA I
JAM A TAQ DII MIN LIL LAA HI TA AA LA.
2.
Niat Sholat Isya’
Niatnya: Saya mendirikan sholat isya’ 2 rokaat dijama’
dengan maghrib jama’ taqdim qashar karena Alloh ta aala
اُصَلِّي فَرْضَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ مَجْمُوعًا مَعَ
المَْـََغْرِبِ جَمْعَ تَقْدِيْمٍ قَصْرًا ِللهِ تَعَالى
U SHOL LI FARDOL I SYAA I ROK ATAINI MAJ MUU AN BIL MAGH RIBI JAM’A TAQ DII
MIN QOSH RON LIL LAA HI TA AA LA
D. Sholat Maghrib dengan Isya’ dengan Jama’ Ta’khir Qoshor
Ketika masuk waktu sholat maghrib maka niat :
Saya berniat menjamak shola Maghrib di waktu Isya’ dengan jamak takhir
karena Alloh.
نَوَيْتُ جَمْعَ صَلاَةِ المَْـََغْرِبِ فِى وَقْتِ صَلاَةِ
الْعِشَاءِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ ِللهِ تَعَالىَ
NAWAITU JAM ‘A SHOLATIL MAGHRIBI FI WAKTIL SHOLATIL ISYA’I JAM ‘A TAKHIIRIN
LILLAAHI TA ’AALA
1.
Niat Sholat Maghrib
Niatnya: Saya mendirikan sholat Maghrib 3 rokaat dijama’dengan isya’ jama’
takkhir karena Alloh ta aala
اُصَلِّي فَرْضَ المَْـََغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ
مَجْمُوعًا مَعَ الْعِشَاءِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ ِللهِ تَعَالىَ
U SHOL LI FAR DOL MAGH RII BI TSA LAA TSA RO KA AA TIM
MAJ MUU ’AN BIL I SYAA I JAM’A TA’ KHII RIN LIL LAA HI TA AA LA
2.
Niat Sholat Isya’
Niatnya: Saya mendirikan sholat Isya’ 2 rokaat dijama’
dengan Maghrib jama’ ta’khir qashar karena Alloh ta ‘aala
اُصَلِّي فَرْضَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ مَجْمُوعًا مَعَ
المَْـََغْرِبِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ قَصْرًا ِللهِ تَعَالىَ
U SHOL LII FARDOL I SYAA I ROK ATAINI MAJ MUU ’AN BIL
MAGH RIBI JAM’A TA’ KHII RIN QASH RON LIL LAA HI TA AALA
Catatan:
Apabila berjamaah ditambah Ma’muman (Bagi Ma’mum) atau
Imaa man (Bagi Imam)
ZIAROH KUBUR
Ziaroh kubur ialah menengok seseorang yang telah dikuburkan. Dalam Islam,
ziarah kubur bukan hanya sekedar menengok kubur saja, namun juga mendoakan
dengan membaca ayat-ayat al Qur an, tahlil, tahmid, tasbih, sholawat dan
lain-lain yang pahalanya dihadiahkan kepada kaum muslimin yang telah meninggal
dunia yakni; para wali, ulama, guru, kerabat keluarga serta pemimpin masyarakat
yang telah banyak berjasa.
Sebagai umat manusia yang beriman dan merasa berhutang budi kepada mereka,
sudah sewajarnya kita mendoakan agar mereka mendapat tempat yang layak disisi
Alloh SWT.
Ziarah ke makam ulama’ dan auliya’ itu sama dengan ziarah kepada nabi,
sebagaimana sabda Nabi SAW,
ان لله تعا لى خلق
تحت العرش مد ينة مكتوب على ابوابها : من زارالعلماء فكانما زارالانبياء
( درةالنا صحين : )
Artinya:
Sesungguhnya Alloh membuat kota Arsy (kota dari Nur/cahaya) ditiap-tiap
pintu kota tertulis ”barang siapa berziarah kepada para ulama’, itu seperti
ziarah kepada para Nabi”.
Ziarah kemaqom ulama’, Auliya’ maupun maqom Nabi, mengandung hikmah sangat
besar. Diantara hikmah dan barokahnya,” Jika seseorang senang berziarah kepada
mereka, baik yang masih hidup atau sudah wafat, insya Alloh akan menjadi orang
yang sholeh, juga keturunan yang sholeh sholekhah.
Hukum ziarah kubur adalah ”sunnah Mu’akad” sebab disamping mendoakan ahli
kubur, sekaligus bisa mengingatkan kepada kematian.Sehingga orang yang
berziarah kubur diharapkan bisa meningkat dalam usaha menjauhkan diri dari
segala macam perbuatan dosa, memperbanyak taubat. Juga menimbulkan sifat zuhud
terhadap kesenangan dunia, yakni tidak terlalu mementingkan kemewahan dunia.
Rosulullah SAW. Bersabda
كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبْوِر
فَزُوْرُوْهَا فَاِنَّهَا تُذَ كِّرُكُمُ الْمَوْتَ ( روه مسلم )
Artinya:
Semula aku melarang kalian berziarah kubur, maka sekarang berziarahlah,
karena sesungguhnya ziarah kubur itu dapat mengingatkan kalian akan kematian.
( HR. Muslim )
Dengan demikian, jelaslah bahwa ziarah kubur itu merupakan amal perbuatan
yang dianjurkan dalam islam dan juga termasuk amal perbuatan terpuji.
ADAB / TATA KRAMA ZIARAH KUBUR
1. Menjaga kesopanan, baik perkataan maupun perbuatan (dilokasi makam)
2. Peziarah dianjurkan duduk disebelah barat makam (menghadap ke timur)
3. Dalam mengambil posisi duduk, dianjurkan lewat arah bawah makam (selatan
makam)
4. Usahakan jarak antara posisi duduk dan makam kira-kira 1 meter (jika
memungkinkan)
5. Saat akan duduk, membaca Nadloman 1 terlebih dahulu (terlampir )
6. Kemudian duduk dan mengucapkan salam kepada ahli kubur (terlampir)
7. Membaca Tahlil beserta Do’a
8. Setelah selesai, lalu berdiam diri sejenak (mengheningkan cipta) seraya
berdoa dalam hati (memohon kepada Alloh) agar dikaruniai :
-
Tetapnya Iman
-
Kejernihan Hati
-
Keberkahan atas segala
sesuatu yang telah dikaruniakan
-
Keselamatan baik didunia
dan diakherat
-
Hajat yang dimaksud
9. Membaca Sholawat Burdah atau Nadloman 2 (terlampir)
10. Dianjurkan keluar lewat arah bawah makam (arah selatan makam)
TAWASUL
Tawasul dalam bahasa artinya perantara, yang artinya sama dengan kata istighosah,
( ) isti’anah ( ), Tajawuh ( ) dan tawajjuh ( ). Sedang menurut istilah
tawassul adalah :
Wasilah adalah segala sesuatu yang dapat menjadi sebab sampainya pada
tujuan.
Jadi yang
dimaksud Tawassul disini adalah :
Memohon datangnya suatu kemanfaatan atau terhindarnya bahaya kepada Alloh
dengan menyebut nama Nabi atau wali untuk menghormati keduanya.
v WALI SONGO
Dalam Al Qur an (al Baqarah 257 dan Yunus 62) wali
diartikan sebagai teman atau kerabat. Di Indonesia dipakai sebagai sebutan
kepada 9 orang penyebar utama agama Islam di pulau jawa pada abad ke-14,15,dan
16 yaitu: Maulana Malik Ibrahim, Suanan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajad,
Sunan Giri, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Gunung Jati.
Sebenarnya wali songo (9) adalah nama suatu Dewan Da’wah
atau Dewan Muballigh, apabila salah seorang dari dewan tersebut pergi atau
meninggal dunia maka akan segera diganti oleh wali lainnya. Mereka tidak hanya berkuasa dalam bidang
keagamaan tetapi besar juga pengaruhnya dibidang poltik dan pemerintahan.
Karena itu diberi gelar sunan, yang biasanya hanya dipakai oleh raja.
v KILAS SEJARAH
1. Komplek Maqom Pondok Mojosari
-
KH Zainuddin
Nama kecilnya Mas’ud. Berasal dari Padangan Bojonegoro
dan beristri Nyai
Sholihah putri
Kyai Sholeh Langitan. Beliau adalah seorang yang tawadlu’,ahli riyadloh dan
taat pada guru. Juga rajin belajar dan mengaji, sehingga dikenal dengan sebutan
Mas’ud Dampar ( meja kecil tempat ngaji).
Diantara wejangan
beliau terhadap santrinya:
“ Anu Cho !
Dadi santri kuwi kudu iso anjolo sutro”
(Anu Teman !
Jadiah santri yang siap berjuang dimanapun dan bagaimanapun kondisi dan
situasinya di tengah-tengah masyarakat )
“Anu Cho !
Dadi santri kuwi kudu tansah setiti, surti tur ati-ati “
(Anu Teman !
Jadilah santri yang selalu hati-hati dan waspada dalam pergaulan ditengah
masyarakat)
-
KH Mansur Sholeh
Pesan Beliau kepada
para pendidik :
“Anggonmu
mulang , niatono ngladeni agamane gusti Alloh, insya Alloh gusti Alloh bakal
ngladeni sliramu ”
-
KH Basthomi Zaini
Adalah pelopor
berdirinya pendidikan formal dilingkungan
Pond. Pest. Mojosari. Bahkan beliau sudah mempersiapkan pendirian
Perguruan Tinggi. Tetapi Alloh berkehendak lain, beliau wafat ( 2004 ) sebelum
cita-citanya terwujud.
Pitutur luhur
beliau yang akhirnya dijadikan Motto MTs NU adalah ADIIP ( Amal,
Disiplin, Ilmu, Istiqomah, Profesional )
2. Mbah Sayid Sulaiman Mojo Agung Jombang
Beliau adalah putra dari Sayid Abdurrohman Ba Syaiban ( Hadramaut Yaman )
dengan Syarifah Khodijah putri Syarif Hidayatullah ( Sunan Gunung Jati )
Beliau berguru kepada Sunan Ampel dan Mbah Sholeh Semendhi Winongan
Pasuruan. Di Bethek Mojoagung dalam
rangka menghindari karena ditunjuk untuk menjadi Qadhi ( Hakim ) kerajaan
mataram.
3. Syekh Jumadil Kubra, Troloyo Mojokerto
Adalah ulama awal pra wali 9. Menurut Babad Cirebon merupakan buyut dari
semua wali songo. Beliau merupakan peletak model pendidikan Islam sebagai
transformasi nilai kepada masyarakat jawa khususnya Majapahit.
4. Sunan Ampel ( Raden Rahmatullah ) Surabaya
Beliau yang memperkenalkan falsafah “Moh Limo”
- Moh Main ( Tidak mau berjudi )
- Moh Ngombe ( Tidak mau mabuk-mabukan)
- Moh Maling ( Tidak mau mencuri )
- Moh Madat ( Tidak mau Narkotika )
- Moh Madon ( Tidak mau berzina )
5. Sunan Giri ( Raden
Paku ) Gresik
Putra dari Maulana Ishaq dan Dewi sekardadu Putri Prabu Minak Sembuyu (
Raja Blambangan ).
Nama Raden Paku atau Sunan Giri melambangkan arti “Paku “ dan “Giri”
sebagai alat perekat atau pemersatu didalam usaha kesatuan pendapat serta paham
aqidah umat Islam yang utuh kembali menjadi kekuatan masyarakat yang kokoh dan
tangguh laksana “ Giri “ atau bukit (Gunung).
Dikenal sebagai pendidik yang demokratis . Beliau memberikan wejangan
kepada anak-anak dengan permainan seperti “ Jamuran, Cublak-cublak suweng,
Lir-ilir, Jor-joran “ dan lain-lain.
6. Syekh maulana malik Ibrahim. Gresik
Dikenal sebagai Maulana maghrobi atau Syekh maghribi atau sunan Gresik atau
Kakek Bantal. Wafat tanggal 12 Rabiul awwal 22 H ( 1419 M )
7. Sunan Drajad ( Raden Qasim )
Beliau adalah putra Sunan Ampel dengan Nyai Ageng Manila atau Dewi
Candrawati dan adik dari sunan Bonang. Diantara ajaran beliau :
- Wenehono teken marang wongkang wuto
- Wenehono pangan marang wongkang keluwen
- Wenehono Payung marang wongkang kaudanan
- Wenehono Sandang marang wongkang kaudanan
8. Raden Asmoroqondi ( Gisikharjo Palang Tuban )
Menikah dengan Dewi Condrowulan putri Raja Cempa . Dianugrahi 3 orang anak
salah satunya Raden Rahmat ( Sunan Ampel )
9. Syekh Maulana Makdum Ibrahim (Sunan Bonang )
Tuban
Putra dari Sunan Ampel dengan Dewi Condrowati dan merupakan kakak dari R.
Qosim (Sunan Drajad)
Karya beliau diantaranya Tembang yang terkenal “ Tombo Ati “
10. Raden Umar Said ( Sunan Muria ) Gunung Muria
Beliau adalah putra Sunan kalijaga
dengan Dewi Syaroh. Berda’wah menggunakan cara yang bijaksana ,ibarat
mengambil ikan tidak sampai membuat airnya keruh.
11. Sunan Kudus ( Ja’far Shodiq )
Putra Raden Usman Haji. Ahli dalam bidang Ilmu Fiqih, Hadist, Tauhid,
Tafsir serta Logika , sehingga mendapat julukan Wali al ilmi.Di bidang kesenian
beliau adalah pencipta gending “ Maskumambang “ dan “ Mijil “
12. Sunan Kalijaga ( Raden Syahid ) Kadilangu
Putra Raden Sahur, Tumenggung Wilatikta (Bupati Tuban) dengan Dewi Nawang
Rum. Beliau seorang yang berjiwa besar berpandangan jauh, berpikir tajam,
intelek serta satu-satunya berasal dari suku jawa asli. Dalam bidang kesenian ,
ahli dibidang seni suara, ukir, pakaian, pencipta gamelan, wayang kulit dan
lain-lain.
13. Raden Patah ( Sultan Demak I ) Demak
Adalah putra raja Brawijaya Majapahit. Berguru pada Sunan Ampel. Diangkat
sebagai Adipati Bintoro pada Tahun 1462 M. Kemudian bersama para wali songo
membangun masjid Demak tahun 1465. Dinobatkan menjadi raja atau sultan Demak
pada tahun 1468 M dengan gelar Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah al akbar
Sayidin Pranotogomo. Al-Fattah berarti sang pembuka yaitu kerajaan islam
pertama di Jawa.
14. Hasan Munadi . ( Nyatnyono Ungaran Kab. Semarang )
Beliau adalah putra sunan Kalijaga. Dan mempunyai putra Hasan Dipiro. Digunung Suralaya dalam rangka untuk
berkhalwat (bertapa). Ketika selesai akan mennggalkan tempat terdapat sebuah
masjid dan kayu yang berlobang (bahan bedug). Dengan kejadian itu ada istilah “
Lagi menyat wis ono “ Nyat –Nyono (Baru bangun sudah ada ).
Dilokasi tersebut ada sendang ( tempat mandi ) “Kalimah Thoyibah“ Digunakan
masyarakat sebagai sarana penyembuhan berbagai macam penyakit.
15. Komplek makam Gunung Pring (Magelang)
- Pangeran Singosari Mataram ( Kyai Raden
Santri )
Salah satu putra ki Ageng Pemanahan. Raden Santri adalah nama samaran.
Karena beliau lebih memilih berda’wah dimasyarakat dari pada menjabat adipati.
- KH Dalhar
Putra Abdurrohman bin Abdurrouf, keturunan raja Amangkurat Mas Mataram.
Nama Aslinya Nahrowi,adapun Dalhar adalah nama pemberian gurunya yaitu Syekh
Sayid Muhammad Babashal al hasani, ketika beliau belajar di Mekkah.Beliau
juga Mursyid thoriqoh Sadziliyah.
- KH.Ahmad Abdulloh
Haq ( Mbah Mad Watu Congol )
Mohonlah kepada Alloh
Dan bertawassul lah
dengan kekasih Alloh
QOSHIDAH ZIARAH
KUBUR 1
Dibaca sambil berdiri ketika sampai
dikubur
سلا م الله يا سا د ة #
من الرحمن يغشا كم
SALAA MULLOOHI YAA SAA DAT
MINAR ROH MAA NI YAGH SYAA KUM
عبا دالله جئنا كم #
قصد ناكم طلبنا كم
’I BAA DALLOOHI JI’ NAA KUM
QO SHOD NAA KUM THO LAB NAA KUM
تعينونا تغيثونا #
بهمتكم وجد واكم
TU-II NUU NA TU GHII TSUU NA
BI HIM MATIKUM WA JAD WAA KUM
فا حيو نا واعطونا #
عطا ياكم هدا يا كم
FA AH YUU NA WA A’ TUU NA
’A THOO YAKUM HA DAA YAA KUM
فلا خيبتموا ظني #
فحا شا كم وحا شا كم
FA LAA KHOY YAB TUMUU DZON NII
FA KHAA SYAA KUM WA KHA SYAA KUM
سعد نا اذ اتينا كم
#
وفز نا فين زر نا كم
SA’ID NA IDZ ATAI NAA KUM
WA FUZ NA KHII NA ZUR NAA KUM
فقو موا وشفعوا فينا #
الى الر حمن مولا كم
FA QUU MUU WAS FA ’UU FII NA
ILAR ROH MAA NI MAU LAA KUM
عسى نحظى عسى نعطى #
مزا يا من مزا يا كم
’A SAA NUH DZOO ’A SAA NU’ THOO
MA ZAA YAA MIN MAZAA YAA KUM
عسى نظرة عسى الرحمة #
تغشا نا وتغشا كم
’A SAA NADZ ROH ’A SAA ROHMAH
TAGH SYAA NA WA TAHG SYAA KUM
سلا م الله حيا كم #
وعين الله تر عا كم
SALAA MULLOOHI KHAY YAA KUM
WA ’AI NULLOOHI TAR ’AA KUM
وصلى ا لله مو لا نا #
وسلام ما اتينا كم
WA SOLLALLOOHU MAU LAA NA
WA SAL LAMA MAA ’ATAI NAKUM
على المختا ر شا فعنا #
ومنقذ نا وايا كم
’A LAL MUH TAA RI SYAA FI ’I-NA
WA MUNG QIDZ NAA WA IY YAA KUM
الفا تحه
AL FAA TE HAH
QOSIDAH
ZIAROH KUBUR 2
Dibaca setelah selesai tahlil
عبا د الله رجا ل الله #
ا غيثوا نا لاجل الله
’I BAA DALLOOH RI JAA LALLOH
A GHI TSUU NA LI AJ LIL LAAH
وكو نو عو ننا لله #
عسى نحظى بفضل الله
WA KUU NUU ’AU NANA LIL LLAH
’A SAA NAH DZOO BIFAD LILLAH
على الكا فى صلا ة الله #
على الشا فى سلا م الله
‘A LAL KAA FII SHOLAA TULLOH
‘A LAS SYAA FII SALAA MULLOH
بمحي الد ين خلصنا #
من البلوا ء يا ا لله
BI MUKH YID DII NI KHOL LISNA
MINAL BAL WAA I YAA ALLOH
ويا اقطاب ويا انجا ب #
ويا سا د ويا احبا
WA YAA AQ THOB WA YAA AN JAB
WA YAA SAA DAT WA YAA AH BAB
و ا نتم يا او لى الالباب #
تعا لوا ونصرو الله
WA AN TUM YAA ULIL ALBAB
TA ‘AA LAU WANG SURUU LIL LAH
سا لنا كم سا لنا كم #
ولزا لفا رجو نا كم
SA’AL NAA KUM SA ’AL NAA KUM
WA LIZ ZUL FAA ROJAU NAAKUM
و في امر قصد نا كم #
فشد وا عز مكم لله
WA FII AM RIN QOSOD NAA KUM
FA SYUD DUU ’AZ MAKUM LIL LAAH
فيا ربي بسا دا تي #
تحق لي ا شا ر تي
FA YAA ROB BI BI SAA DAA TI
TA KHAQ QOQ LI I SYAA RO TII
عسي تا تي بشا رتي #
ويسفو وقتنا لله
’A SAA TA’ TII BI SYAA ROTI
WA YAS FUU WAQ TU NAA LIL LAAH
بكشف الحجب عن عين
#
و رفع البين من بين
BI KASY FIL KHUJ BI ’AN ’AINI
WA ROF ’IL BAINI MIM BAINI
و طمس الكسف والعين #
بنو ر الو جه يا ا لله
WA THOM SIL KAS FI WAL AINI
BI NUU RIL WAJ HI YAA ALLOOH
صلا ة ا لله مو لا نا #
على من با لهد ى جا نا
SO LAA TULLOO HI MAU LAA NA
’A LAA MAM BIL HUDA JAA NA
ومن با لحق او لا ن #
شفيع الخلق عند ا لله
WA MAM BIL KHAQ QI AU LAA NA
SYA FII IL KHOL QI IN DALLOOH
Dibaca setelah selesai tahlil
Sholawat Burdah :
مَوْلاَىَ صَلِّ
وَسَلِّمْ دَا ئِمًا أَبَد #
عَلَى حَبِيْبِكَ
خَيْرِ اْلخَلْقِ كُلِّهِمِ
MAU
LAA YA SOL LI WASAL LIM DAA IMAN ABADA
‘A
LAA KHA BII BI KA KHOIRIL KHOL QI KUL LIHIMI
هُوَ اْلحَبِيْبُ
الَّذِ ىْ تُرْ جَى شَفَا عَتُهُ #
لِكُلِّ هَوْلٍ مَنَ اْلأَ هْوَ الِ
مُقْتَحَمِ
HUWAL KHABII BUL LADZI TURJAA
SYA FAA ‘ATUHU
LIKUL
LI HAU LIM MINAL AH WAA LI MUQ TAHAMI
يَا رَ بِّ بِا
لْمُصْطَفَى بَلِّغْ مَقَا صِدَ نَا
#
وَاغْفِرْ لَنَا مَا مَضَى يَا وَ ا سِعَ
الْكَرَا ِم
YAA
ROB BIBIL MUS THOFAA BAL LIGH MAQOO SIDANA
WAGH FIR LANA MAA MADLO YA WAA
SI ‘AL KAROMI
يَا اَرْ حَمَ
الرَّا حِمِيْنَ يَا اَرْحَمَ الرَّ ا حِمِينْ
#
يَااَرْحَمَ الرَّا حِمِيْن فَرِّجْ
عَلَى اْلُمْسلِمِينْ
YAA
AR KHAMAR ROHIMIIN ...X3
FAR
RIJ ‘ALAL MUSLIMIN
thanks berat pak toha...
AntwoordVee uitmabruuuk tulisannya
Izin Copas Yaii..
AntwoordVee uitNgalap Barokahe..
ijin copy nggih pak toha, kangge pedoman ziarah..
AntwoordVee uitsuwun
izin copas ya pak, barokalloh...
AntwoordVee uitwww.fauziyahbag.com
izin kopas...bah...ngalap berkah
AntwoordVee uitpangapunten, izin copas pak Haji
AntwoordVee uit